Senin, 09 Mei 2016

Our Last Day in South Korea (It's Time to go Home)

It's so sad but we must go home today. Hikss...

Today is our last day in Seoul, South Korea.
Sebenernya masih betah dan masih banyak tempat yang gak kesampean buat didatengin. Hiks.
We must go back (I MUST GO BACK) to Korea very soon ^^.

Karena pesawat kita take off jam 11 siang, jadi kita harus berangkat pagi2 ke Incheon biar gak terlambat gak ada deh alesan kesiangan buat hari ini.
Daaann kita berhasil bangun pagi dan sampe jam 9.30 di Incheon Airport yippiee.
Ke bandara kita naik Subway biasa dari underground nya Apartment Roy, so convenient tinggal geret2 koper dan boleh naik lift yyeeeeaaayyy.
Selesai urusan bagasi kita langsung ngurus Tax Refund di bandara untuk pembelian Gingseng yang mahal gila itu. Banyak mesin2 Tax Refund bertebaran di sekitar bandara Incheon, bentuknya kayak mesin ATM gitu. Tinggal masukin jumlah tax refund, trus scan passport dan stuk pembelanjaannya, so easy.

Tapi disaster dimulai disini. Boarding time kita dimulai jam 10.45 masih lamaaa santai. Kita urus Tax Refund dulu santai aja. Nah yang bikin kita bingung itu, setelah selesai isi data di mesin Tax Refund, trus kita disuruh claim di counter yang tersedia di bandara. Petunjuknya sih kita harus claim di counter "G" , muter2 lah kita nyari itu counter. Bolak balik bolak balik gak ketemu juga. Akhirnya kita mutusin buat ngantri di salah satu booth Tax Refund, udah ngantri panjang kali lebar ternyata itu counter adanya di dalem setelah Imigration Check.

Oke santai masih 10.30 sebelum boarding gate dibuka. Jalan lah kita ke tempat Imigrasi. Dan surpriseeee antriannya mengular saudara-saudara kayak ular naga panjangnya bukan kepalanggg.
Pertama masih santai, akh cepet lah pasti cuma Imigration Check doank. SALAHHHH di imigrasi ituuu memakan waktu lamaaaaa. Jam sudah menunjukkan pukul 10.55 mulai keringat dingin, gimana ini pesawat take off jam 11.00 , kita udah mikirin macem macem mikirin duit dikantong ditabungan sisa limit CC berapa, takut2 ditinggal sama pesawat dan kita harus beli tiket lagi yang udah pasti muahallll. Ottoke.

Bener aja kita baru lolos dari Imigration Check tepat pukul 11.00 , langsung kasih aba-aba lari buat yang duluan lolos berharap bisa berhentiin pesawatnya buat take off dan lupakan masalah TAX REFUND sialan itu.
Kita bertiga langsung lari tunggang langgang kayak maling dikejar-kejar satu kampung, dan sialnya lagi dari Imigration Check ke Boarding Gate itu jaraknya jauuuhhhh banget karena musti naik subway kecil lagi. Haduuhhh mama begimana inihhh....

Napas udah senen kemis, perut mules plus keringet dingin ngebayangin ketinggalan pesawat. Setelah turun dari subway kita langsung lari-lari naik eskalator 3 atau 4 tingkat gitu eskalatornya. Sayup-sayup dari bawah gw denger di atas ada bapak2 teriak-teriak BALI...BALI...GARUDA BALI....
Dengan sisa sisa napas dan tenaga gw sautin sambil melambaikan tangan ke arah bapak-bapak itu, saya pak saya pakkkkkkkk.....
"Ayo ibu cepetan, lari-lari, ibu sudah terlambat" (iye tau pak ini juga udah lariiiii T_T )
Akhhh terharu ternyata masih ditungguin...

Naik ke pesawat udah dipelototin sama semua orang, karena kita bertiga pesawatnya jadi delay sekitar 30 menit. Maapkennn suer gak maksuddd.

Makasih sangattt GARUDA INDONESIA I HEART YOU.
Untung kita udah check In dan masukin bagasi, kalau belum gw jamin kita pasti ditinggalin.

Pelajaran berharga untuk next trip ke luar negri. Imigration check di bandara luar negri ternyata laaamaaa, beda sama di Singapore dan Indonesia. Jadi kalau bisa udah harus ngantri di Imigration Check 2 atau 1 jam sebelum keberangkatan biar gak kayak kita.

Ini sumpah capek banget lari maraton dari Imigration Check sampe masuk ke pesawat, rasanya jalan kaki keliling korea selama 5 hari juga kalah sama lari-lari di bandara ini. Sampe udah duduk di dalem pesawat dan minum air aja rasanya itu air mau keluar lagi karena mual perut kita.

Tapi akhirnya kita keangkut juga sama Garuda dan gak harus beli tiket pesawat lagi. Terima kasih GARUDA INDONESIA.

Above The Sky of Seoul
Thank you Seoul for all the story and experience. I'll be back for sure.
We already missing you. XOXO
Annyonghi Gyesipsiyo. To Mannapsida my Seoul.

Korea Winter Trip Day 5 - Everland

Day 5 - 16 Desember 2015

Our last day to explore South Korea.
Itinereay kita hari ini main ke Everland.

The Famous Tree in Everland
Everland ini salah satu theme park di Korea Selatan, selain Everland ada juga Lotte World.
Kenapa kita lebih milih ke Everland karena gw pengen foto di "Pohon" Trademark nya si Everland ini. #rada gak penting sih alasannya hahahah#
Eniwei Everland ini theme park outdoor jadi beda sama Lotte World yang indoor.
Karena kita pergi pas winter jadi yaa tau lah yaa udaranya freaking cold bikin sekujur tubuh bekuu dan lebih parahnya lokasinya yang dikelilingi bukit bikin udaranya bikin jauuuhhh lebiiihhh dinginn lagi. Bbbrrrrr...
Everland ini lebih tepatnya terletak di 199, Everland-ro, Pogok-eup, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do. Karena letaknya yang diluar kota Seoul jadi perjalanannya lumayan lama sekitar + 120 menit.
Buat yang mau ke Everland harus rajin-rajin cek promo di situs resminya ya. Biasanya ada discount untuk foreigners dan promo2 menarik lainnya. Jangan lupa di print atau simpen softcopy promonya di HP untuk ditunjukin pas pembelian tiket di Everland.
Saat itu kita tertarik dengan promo shuttle bus (PP) dari myeongdong + tiket masuk untuk foreigner, kalau di totalin harganya lumayan murah kurang lebih sekitar KRW 45.000 (lupa tepatnya berapa).
Tapi reservasi harus dilakukan sehari sebelum keberangkatan jadi gak bisa jauh-jauh hari dan telephone nya harus pake nomor luar gak bisa pake nomor lokal korea dimana biaya telephone nya jadi mahal.
Setelah berhasil melakukan reservasi, kita dikasih tau kalau harus stand by di myeongdong jam 08.30 pagi untuk bisa naik shuttle busnya, tapi seperti biasa kita kesiangan dan ketinggalan shuttle bus #siasiatelephonemahalmahal#.
Tapi kita berhasil berangkat lebih pagi hari ini. Jam 09.00 pagi kita udah keluar apartment dan cari plan B untuk ke Everland. Sebenernya bisa naik subway tinggal ke Jeondae Station (EverLine), tapi entah kenapa akhirnya kita mutusin buat naik bus dari Gangnam Station, Bus 5002 yang langsung ke Everland. Kita ke Gangnam Station dan keluar di exit 10, jalan kira2 300m cari halte bus 5002 (deket Giordano). Keluar dari station Gangnam kita langsung disambut sama dinginnya kota Seoul yang sampe -3°C. Sempet salah halte akhirnya kita nemu juga hatle bus 5002, antrian udah cukup panjang dan ada bapak2 yang bawa banner untuk ngasih tau kita kalau di dalam bus gak boleh makan dan minum, kira-kira 5 menit kemudian bus 5002 akhirnya datang.

Jalan kaki dari Exit 10 Gangnam Station
-3 aja
Salah Halte
Antrian masuk Bus 5002
Inside the Bus

Happy to be able to ride the Bus
Perjalanan lumayan panjang, sempat berhenti di beberapa halte untuk angkut penumpang lainnya lagi sampe ada yang berdiri, persis kayak naik Patas AC 70 kalau berangkat kerja. Hahahaha.
Waktunya tidurrr nge charge tenaga lagi buat main di Everland. ZzzzZZZZzzzz....

Tepat pukul 11.30 siang kita sampe di Everland. Jangan lupa hafalin tempat berhentinya bus ya, karena nanti pulangnya kita bakalan naik bus 5002 ini di tempat yang sama. Untuk sampai di pintu gerbang Everland kita masih harus nyambung lagi naik shuttle bus nya Everland tapi yang ini gratis.

Halte Shuttle Bus to Everland (Free Ride)
Perjalanan naik shuttle kira-kira 15 menit karena ternyata Everland berada di balik bukit-bukit.
Sampai di gerbang Everland jangan langsung beli tiket yang di pintu depan ya, karena tiket box untuk foreigners adanya di sebelah kanan setelah tiket box biasa, jadi jalan aja lewatin gerbang tiket box trus belok kanan, ada tulisan di tiket boxnya "Ticket for Foreigners" penjaganya lancar bahasa inggris jadi jangan takut ya.

Main Entrance
Ticket Box for Foreigners
Tickets

Tiket sudah di tangan. Waktunya main di Everlandd... Yippieee...

Banyak spot2 foto yang lucu-lucu di sini, sampe bingung mau foto dimana duluan karena siang & malem efeknya beda hahah.

Sebelum ngiterin Everland kita nyari makan siang dulu karena dari pagi belom makan kan jadi udah laper berat. Makanan halal di Everland susaahhhh banget, padahal udah laper. Beberapa tempat yang nyediain makanan halal soalnya tutup jadi tambah susah milihnya. Akhirnya dapet juga tempat makanan halal di deket wahana "T-Expres", kedua temen gw makan pasta dan gw makan "Tonkatsu" a.k.a "Katsu Babi" hehehe...

Percayalah ini bukan "Nasi Kuning" ^ ^

Eniwei, tujuan saya tadinya pengen naik si "T-Expres" rollercoaster yang dari kayu itu treknya, tapi berhubung satu dan lain hal gak ada satupun temen gw yang mau nemenin naik jadi batal deh, karena kan gak seru, masa gw ngantri n naik sendirian nah yang lain pada bareng temen atau couple gitu yang ngantri, garing banget kan kalo gw teriak2 sendirian ngantri sendirian (hmmm nasib jomblo...haha). Sempet baper sebentar tapi langsung enjoy lagi. Gak jadi naik, kita foto2 aja di depan T-Expres nya.

Di Everland ada karnaval nya musti liat jadwalnya ya biar gak ketinggalan, tapi kayaknya ada lebih dari 2 kali pertunjukan kalau gak salah. Lucu-lucu dan ngegemesin dancer sama karakter2nya jadi harus liat pertunjukannya kalau kalian dateng ke Everland.

Ini beberapa spot foto lucu di Everland, kalau siang sepi gak terlalu banyak yang foto foto, tapi kalau malem hadeeehhhh ngantriii booo, tapi teratur sih ngantrinya, yang bikin tambah baper yang ngantri itu couple2 dan pose nya yang ciuman lah tatapan mesra lah... Bikin baper cuy mana dingin lagi kan udaranya tambah dingin hati ini Oppa..... T_T hehehe.

Kalau malem sayapnya nyala loh. (gk foto pas malem karena ngantrinya panjaaaang)

Makin malem udaranya makin menusuk tulang dingiiiinnnn banget, tangan beku gak bisa mencet tombol kamera dan baterai kamera juga cepet banget drop. Jadi gak semua spot bisa difoto. Disetiap ada heater kita selalu samperin buat dapet kehangatan... Pokoknya kayak nemu tempat berteduh kalo lagi hujan aja.
Siang hari dibawah Heater
Malam hari tetep nyari Heater
Seperti kebanyakan theme park, Everland juga nyediain toko2 yang jual souvenir2 lucu dengan harga yang super duper lucu juga. Harus jeli ya teman2 ngeliat harganya. Disini akhirnya gw dapet sweater lucu buat ponakan gw yang umur 2 tahun dan harganya worth it lah gak semahal di dongdaemun yippie..

Oh iya di Everland juga ada outlet Etude loh, mba Rika sempet mampir ke dalem outletnya dan nanya2 mereka ada jual pouch gak, tapi karena model yang dicari gak ada dia gak jadi beli, tapi pas mau keluar dia malah dikasih sample pouch yang lucu dan graaattteeesss sodara2. Jadi pesan yang dapat diambil dari kejadian ini, rajin2lah nanya2 di outlet kosmetik di korea siapa tau anda beruntung dapet barang gratisann hehehhee.

Puas, capek, kedinginan, kaki mau coplokkk kita akhiri perjalanan kita di Everland. See you next time Everland. Annyeong....

Seperti biasa cek Vlog kita juga ya. Cheers.

Jumat, 04 Maret 2016

Korea Winter Trip Day 4 - R.A.N.D.O.M D.A.Y

Hari ini 15 Desember 2015.
Gak kerasa udah hari ke-empat aja kami di Seoul.
Itinerary kita hari ini mau keliling Gyeongbokgung Palace trus balik ke apartment Sunny, pindah ke apartment Roy (kenapa pake pindah-pindah?, baca selengkapnya di postingan saya yang ini.) lanjut ke Gangnam dan Banpo Bridge.
Itu yang direncanakan. Kenyataannya hari ini kita jalan-jalan supeerrrr random.

Foto Random somewhere in Seoul

Karena hari ini kita harus pindahan dari tempat Sunny di Sinseoldong, ke tempatnya Roy di Geongdok. Dari semalam kami udah beres2 dan packing buat pindahan jadi paginya tinggal beresin baju kotor aja.
Tapi lagi-lagi untuk yang kesekian kalinya karena kami belum terbiasa dengan jam korea juga cuacanya, pagi ini kami bangun kesiangan lagi.
Jam 9 pagi baru bangun ninak ninuk ini itu gantian mandi dan sarapan kita baru ready jam 11 siang.
Kita udah ready dan tinggal jalan eh tiba2 si Sunny host kita nge-LINE dan bilang kalo dia on the way ke kamar kita mau ngomong sebentar katanya #ohmyohmy#maujalanjambrplagikitainihhh#
Ditunggu-tunggu sampe 15 menit akhirnya dia muncul juga. Ternyata cuma mau ngingetin hari ini kita harus check out jam 2 siang dan mastiin kita check out tepat waktu trus minta ijin beresin kamarnya pas kita pergi karena bakalan ada tamu lain #ngomongajadrLINEkeleesskanbisaakhh#
Tapi yaudah mungkin dia tujuannya baik karena sopan, ya kita persilahkan aja.
Akhirnya kita jalan juga jam 11.30 menuju Gyeongbokgung Palace.
Dengan hati senang lulu lala sambil lompat lompat kecil kita sampe di halaman samping Gyeongbokgung Palace, rame anak sekolah foto-foto, gak mau kalah kita ikutan foto-foto juga.
see the students behind us

Gyeongbokgung backyard
Bingung kenapa kita bisa tiba-tiba muncul di halaman sampingnya istana ini?
Jadi pintu keluar subwaynya itu ya di halaman samping Gyeongbokgung ini, sedangkan pintu masuk ke Gyeongbokgung palace ada di depannya jadi kita harus jalan sedikit memutar untuk bisa masuk ke kompleks Gyeongbokgung Palace.
Oke singkat cerita setelah foto2 kita mulai jalan kaki ke pintu gerbang utama palace ini, karena kita udah gak sabar pengen masuk ke dalem. Setelah sampai di pintu gerbang utamanya kok sepi, mulai curiga, pintunya ditutup rapat dan gak ada tanda2 keramaian seperti yang kita lihat waktu hari minggu kemarin. Eh ada polisi ganteng yang jaga, tanya akhhh #modus#. Ternyata eh ternyata itu pintu ditutup karena emang jadwalnya nih istana tutup, hikssss hiksss hiksss.
Padahal gw udah nyari info kalau istana-istana itu tutupnya setiap hari senin, makanya kita jadwalkan di hari selasa, ternyata setiap istana itu punya jadwal tutup yang berbeda-beda guys, so jangan sampe salah hari kayak kita alhasil cuma berhasil foto di pintu gerbangnya doank. Huhuhuhu... T_T

Main Gate Gyeongbokgung Palace

Karena ngak mau pulang dengan tangan hampa mba Rika ngajak kita ke Bukchon Hanok Village, karena sayangkan masa udah sampe sini langsung balik kanan bubar jalan gak lucu donk. Lagian kita cuma punya sedikit sebelum kita harus check out dari apartmentnya Sunny jam 2 nanti.
Gak mau buang waktu kita pake GPS untuk tau jalan ke Bukchon, karena setau gw gak terlalu jauh dari Gyeongbokgung.
Kalau kata pepatah "Sambil menyelam minum air", itu yang kita lakukan sekarang, sambil menuju Bukchon kita explore juga jalanan di Seoul. Namanya juga "jalan2" pasti capek donk ya. Gw sih happy banget bisa jalan santai liat orang lokal lalu lalang ngomong bahasa planet yang gw gak ngerti, jalanan bersih, rapih udara bersih, trus liat kafe-kafe lucu kiri kanan sampai akhirnya gak kerasa udah 30 menit aja kita jalan kaki menuju Bukchon.
Tapi yang paling challenging itu jalanan di korea yang contour nya berbukit, jadi jalannya naik turun dan itu bikin kita jadi capek.
Karena udah kecapean dan emang harus balik ke apartment Sunny untuk check out dan pindahan, akhirnya kita sudahi perjalanan mendaki gunung kita dan balik ke tempatnya Sunny di Sinseoldong.

Gyeongbokgung Fence

Permainan "Malttukbakgi" a.k.a "Kuda Tomprok"

Bukchon Hanok Village
Kita sampe di apartment Sunny tepat jam 2 siang dan barang-barang kita udah di taro di deket pintu lengkap dengan isi kulkas kita yang udah diberesin juga sama dia dan di packing rapih. Thank Sunny, tapi kenapa gw berasa di usir ya?? Hahahaha...

Menurut Sunny gak bakalan ada supir taksi yang mau angkut koper-koper kita buat pindahan, karena ukuran koper kita yang gede-gede. Akhirnya dia telephone salah satu kenalannya (katanya sih mobil yang biasa nganter ke bandara gitu #tapi gw gak yakin setelah ngeliat penampilan tuh mobil tua yang biasa nganter orang pindahan kayaknya# hahhaha). Sunny bantu bookingin itu mobil dan dia bilang harganya tiga belas ribu won, yang mana udah gw confirm berkali-kali kalau harganya bukan tiga puluh ribu won, tapi tiga belas ribu won. Dan dia dengan yakinnya bilang "iya tiga belas ribu bukan tiga puluh ribu". Yaudah kita iyain aja harga segitu, lumayan lah gak naik turun tangga angkat2 koper buat naik subway.
Tapi ternyata pas nyampe di Geongdok, si ajussi udah kita kasih tiga belas ribu eh malah dibalikin yang tiga ribu won nya trus dia angkat itu duit sepuluh ribu won sama tangannya ngasih tanda "V" maksudnya dua lagi sepuluh ribu won nya. #DANG# benerkan perasaan gw udah gak enak, kita harus bayar tiga puluh ribu won untuk sewa mobil pindahan. D##n Sunny, lo bilang tadi tiga belas reeeeebuuuu won woyyy. *gak nyantai*
Pesannya dari kejadian ini gak usah pindah2 apartment ya guys ruuuuuuugggggiiiiiii bandar.

Eniwei kita sampe di apartment Roy sekitar jam 3 sore, kita beberes dulu plus makan siang yang kesore-sorean.
Roy's Apartment
Enaknya di apartmentnya Roy ini terintegrasi langsung sama subway, jadi kita gak perlu jalan keluar gedung, cukup turun ke lantai basement 2 langsung bisa naik subway dan ke bandara cukup dengan naik subway aja n gak perlu transit, jadi lebih enak sih kalau menurut gw dibandingkan sama tempatnya Sunny.

Setelah beres-beres dan makan siang gak kerasa udah jam 5 sore aja. Makin kacau kan Itinerary kita, batallah itu jalan-jalan ke Gangnam dan Banpo Bridge karena sudah dipastikan kita kesorean. Akhirnya malam itu kita mutusin buat jalan-jalan di Myeongdong dengan misi beli oleh-oleh, kalau kemarin kan cuma numpang lewat doank dan juga dengan misi untuk makan Dakgalbi yang kelewatan kemarin.

So here we are strolling around Myeongdong, happy and so excitedly to found so many sales in there for any kind of cosmetics. Believe me, every single brand have their own promotion, but you need to be wise to choose because if not you will get a damage product which already expired like we do (again another stupid mistake because we are to careless).

I've experiencing to eat an ice cream in the middle of winter with crazy windy freezing weather but it was too much fun to do that and I will do it again if I have a chance.

We also bought several boxes of Korean Honey Strings or The Kings Dessert or Dragon Beard Candy. A ball of frozen honey is worked to create 16.000 strands of honey candy in a matter of minutes, then blankets a spoonful of powdered/chopped almonds, peanuts and walnut. It's entertaining to be sure. And the way they present how to make it is really funny with many different languages including "Bahasa". The taste of that cookies is really sweet.

Honey Strings Cookies
Udah puas belanja dan jalan-jalan kami akhirnya makan Dakgalbi di Yoogane (salah satu franchise restaurant di korea).

Setelah makan karena masih jam 9 malam kayaknya sayang banget kalau langsung pulang, akhirnya kita mutusin untuk lanjutin jalan-jalan ke Dongdaemun Design Plaza (DDP) salah satu landmark di korea.

Hari ke empat it's a wrap, kelar sudah ke random an kami seharian.
Next day 5 kita di Everland.

Untuk vlog kita di hari ke empat bisa dilihat di sini ya guys.